LAPORAN PROGRAM PUSKESMAS MENGENAI BALAI PENGOBATAN UMUM
02:17


LAPORAN PROGRAM PUSKESMAS MENGENAI BALAI PENGOBATAN UMUM

I.     LATAR BELAKANG PROGRAM
Balai pengobatan umum merupakan salah satu dari jenis-jenis layanan di puskesmas  yang merupakan tempat untuk melayani pemeriksaan umum oleh dokter, yang meliputi observasi, diagnose, pengobatan, rehabilitas medik tanpa tinggal diruangan inap pada sarana kesehatan puskesmas ( Sulaeman, Endang Sutrisno, 2011 )
       Balai pengobatan umum melayani pengobatan  perorangan, jamkesmas, dan askes yang diberikan oleh doketr dan perawat yang memiliki kompetensi pelayanan kesehatan guna melakukan usaha pencegahan penyakit, penyuluhan dan pengobatan. Balai pengobatan umum memberikan pelayanan kesehatan terutama pengobatan dan penyuluhan kepada pasien agar tidak terjadi penularan dan komplikasi penyakit. Serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarkat dalam bidang kesehatan. Pelayanan unit di balai pengobatan umum dilakukan dokter umum, 5 dokter dan 6 perawat. (Sulaeman, Endang Sutrisno, 2011).
II.  PELAKSANAAN PROGRAM
A.  PENGERTIAN
Balai pengobatan umum merupakan salah satu dari jenis-jenis layanan di puskesmas  yang merupakan tempat untuk melayani pemeriksaan umum oleh dokter, yang meliputi observasi, diagnose, pengobatan, rehabilitas medik tanpa tinggal diruangan inap pada sarana kesehatan puskesmas ( Sulaeman, Endang Sutrisno, 2011 )
B.TUJUAN
1.      Meningkatkan derajat kesehatan jasmani dan rohani.
2.      Meningkatkan dan memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedic.
3.      Meningkatkan kehidupan social ekonomi
4.      Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

C.  MANFAAT
1.      Memberikan memberikan pengobatan pada masyarakat.
2.      Melayani pengobatan  perorangan, jamkesmas, dan askes
3.      Meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarkat dalam bidang kesehatan.
4.      Memberikan pelayanan kesehatan terutama pengobatan dan penyuluhan kepada pasien agar tidak terjadi penularan dan komplikasi penyakit.
D. PELAKSANAAN PROGRAM
Dalam hal ini balai pengobatan umum yang ada di Puskesmas gayamsari mempunyai bebrapa program diantaranya :
1.      Pengobatan umum ini melayani jamkesmas dan askes. 
2.      Penyuluhan kader yang biasanya dilakukan setiap 1 bulan sekali.
3.      Puskesmas keliling yang biasanya dilakukan setiap 1 minggu 2 kali.
4.      Pemeriksaan gula darah dan tensi setiap 1 bulan sekali pada minggu pertama dan dilakukan setiap hari jumat.
5.      Program PHBS
6.      Melakukan pemeriksaan haji.
III.   EVALUASI PROGRAM
A.    HASIL KEGIATAN PROGRAM
           Balai pengobatan umum biasanya buka jam 07.30-14.00. setiap harinya sekitar 40 pasien yang diperiksa. Kebanyakan dari mereka adalah orang tua. Selain itu penyakit ataupun keluhan yang dialami oleh pasien adalah hipertensi, reumatik dan DM. 25 orang pasien diantaranya adalah pasien yang mempunyai riwayat Hipertensi dan 10 orang mempunyai riwayat rematik. Serta 5 orang mengeluh batuk pilek dan pusing.
Biasanya untuk pasien yang mempunyai penyakit DM dan asam urat  mereka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium.
Puskesmas gayamsari mempunyai 1 orang dokter yang melayani di balai Pengobatan umum.

Pada tanggal 30 mei 2013 puskesmas gaymsari juga melakukan program penyuluhan mengenai pencegahan penyakit menular. Penyuluhan  ini diberikan kepada kader-kader dan mengenai penyakit kusta. Hasilnya dibentuklah 1 TIM untuk melakukan pemantauan mengenai penyakit kusta.
B.     RENCANA TINDAK LANJUT
Pasien yang menderita DM maupun Hipertensi yang sudah parah, biasanya puskesmas melakukan rujukan.
Dalam hal penyuluhan keder yang sudah dibentuk 1 TIM tersebut dapat melaukan pemantauan dan penyuluhan, supaya masyarakat dapat mengerti bagaimana cara pencegahan dan pengobatan. 

0 komentar:

Post a Comment